5 kecelakaan terdahsyat di dunia

Kecelakaan seperti hal nya takdir, tidak dapat diubah atau dikendalikan oleh tangan manusia karena merupakan ketetapan atau kuasa Tuhan YME. Kecelakaan yang terjadi bisa diakibatkan oleh kelalaian manusia, musibah dari Tuhan, atau juga bentuk protes alam terhadap perlakukan manusia yang merusaknya. Kecelakaan memang tidak dapat diduga terlebih dahulu atau diperkirakan kapan akan terjadi karena seperti yang kita ketahui, tidak ada satupun manusia yang mengharapkan atau menunggu nunggu datangnya suatu kecelakaan.

Oleh karena itu, berbagai kejadian kecelakaan yang terjadi kerap menelan korban jiwa, materi, juga bentuk kerugian kerugian lainnya. Karena tidak diprediksi dan tidak ada persiapan, berbagai bentuk pengorbanan atau yang harus dikorbankan seperti jiwa manusia dan nyawa tidak dapat ditahan atau dihindarkan lagi. Hal tersebut terjadi memang atas kuasa Tuhan diluar kendali manusia. Namun, apakah anda tahu bahwa di dunia ini pernah terjadi kecelakaan kecelakaan dahsyat yang mengerikan dan menelan banyak korban jiwa dan kerugian materi yang tidak sedikit? Berikut adalah beberapa kutipan tentang kecelakaan yang pernah terjadi di dunia yang beritanya menyebar ke seluruh pelosok bumi karena kedahsyatannya yang luar biasa.

kecelakaan terdahsyat di dunia

Piper Alpha Oil Rig

Piper Alpha Oil Rig

Kecelakaan ini menelan kerugian sebesar USD 3,4 miliar. Selain itu, korban jiwa yang menelan nyawa juga terbilang 167 orang karyawan nya meninggal atas kecelakaan yang kabarnya diakibatkan karena kelalaian pekerja dalam mengontrol pasokan gas di lokasi sekitar pengeboran. Tidak hanya itu, sekitar 317.000 barrel minyak tumpah setiap harinya. Kecelakaan ini terjadi pada tanggal 6 Juli 1988

Ledakan Challenger

Ledakan Challenger

Kecelakaan ini terjadi di udara yaitu akibat dari hancurnya pesawat ulang alik Challenger yang baru saja mengudara selama 73 detik. Kabarnya kecelakaan ini terjadi akibat dari menyusupnya gas ke bagian luar pesawat sehingga membebani tangki bahan bakar. Kerugian yang ditimbulkan adalah sebesar USD 5,5 miliar.

Ledakan Prestige Oil

Ledakan Prestige Oil

Kerugian yang ditimbulkan oleh kecelakaan ini sangat besar yaitu USD 12 miliar yang digunakan untuk membersihkan tumpahan minyak yang dibawa oleh kapal tanker khusus minyak yang membawa 77.000 ton minyak yang terjadi pada 13 november 2002. Kabarnya, kecelakaan diduga kuat oleh tekanan terhadap sang kapten atas batas wilayah laut yang dilintasinya.

Ledakan Ulang alik Shuttle, Columbia

Ledakan Ulang alik Shuttle, Columbia

Kecelakaan ini terjadi pada tanggal 13 februari 2003 akibat sebuah pesawat yang mencoba masuk kembali ke Texas yang telah meluncur 16 hari sebelumnya. Total akumulasi kerugian adalah senilai USD 13 miliar.

Chernobyl


Mungkin nama dari kecelakaan ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya, kecelakaan kimiawi di Ukraina yang terjadi pada tanggal 26 April tahun 1986 ini mengharuskan 200.000 orang dievakuasi dan menelan korban jiwa 125.000 orang!
5 kecelakaan terdahsyat di dunia | Maia Dianti | 5