5 Makanan Indonesia yang mendunia

Indonesia, negara kepulauan yang telah dikenal dunia sebagai negara yang indah dengan keeksotisan dan iklim tropis nya cukup disukai oleh para wisatawan mancanegara, juga dikenal dengan pulau wisata yang sangat terkenal di belahan negara manapun dan hampir sering dikunjungi oleh orang orang tersohor di negaranya seperti Amerika, Perancis, Jepang, Korea, dll. Yaitu pulau Bali dan Lombok.

Ya, bahkan kedua pulau itu lebih terkenal dibanding dengan negara Indonesianya sendiri. Bahkan, salah satu pemain bola yang sangat terkenal di dunia yaitu Christiano Ronaldo menyatakan bahwa ia mengira Indonesia adalah sebuah negara di sebelah Bali. Padahal Bali adalah milik negara Indonesia.

Hal tersebut menunjukkan bahwa sebenarnya Bali lebih terkenal dari pada Indonesia sendiri. Namun, tidak cukup hanya dengan pulau Bali dan Lombok yang dikenal dunia mengenai Indonesia. Indonesia juga dikenal dengan keberagaman budaya, bahasa, pulau pulau yang eksotis, hutan hutan yang belum terjamah manusia, keindahan alam dan kekayaan sumber daya nya yang seperti yang kita ketahui justru lebih banyak dikendalikan oleh orang yang bukan asli penduduk Indonesia. Memang seperti itu adanya.Berikut adalah beberapa dari masakan Indonesia yang dikenal oleh dunia atau yang mendunia.

5 Makanan Indonesia yang mendunia

Soto Betawi

Soto Betawi

Siapa yang tidak mengenal soto betawi? Soto yang khas berasal dari Jakarta ini memang memiliki keunikannya sendiri yaitu menggunakan jerohan. Soto ini bersantan dan sangat lezat.

Nasi Goreng

Nasi Goreng

Hampir semua masyarakat Indonesia pernah makan nasi goreng. Bahkan mungkin anda adalah salah satu yang dapat membuat nasi goreng sendiri di rumah. Ya, nasi goreng sering dipadukan dengan bahan bahan seperti ayam, ati ampela, baso, sosis, jamur, dll.

Nasi Kuning

Nasi Kuning

Nasi kuning yang sering dipadukan dengan ayam, telur rebus bumbu merah, sambal goreng tempe, dll ini memang identik disajikan pada acara acara tertentu seperti syukuran, khitanan, dll. Warna kuning pada nasi merupakan salah satu warna keramat dalam tradisi Bali. Sehingga sering dijadikan sajian pada acara Kuningan.

Pecel Lele

Pecel Lele

Makanan yang satu ini mungking sangat sering dijumpai di kedai kedai makanan pinggir jalan dan juga di restoran restoran sajian sunda. Pecel lele yang terbilang terjangkau ini biasa disajikan dengan lalapan dan sambal. Lele yang digoreng hingga matang dan garing ini renyah dan lezat.

Gudeg Jogja

Gudeg Jogja

Hampir semua orang mengenal atau mungkin menyukai Gudeg Jogja. Gudeg ini memang berasal dari Jogja. Namun, gudeg jogja sudah dapat ditemukan di kota mana saja selain di Jogja. Karena gudeg ini sangat terkenal dan disukai oleh banyak orang, sehingga tak heran kedai kedai makanan banyak kita jumpai menghidangkan juga makanan khas jogja yang satu ini.Salah satu hal yang mendunia tentang Indonesia adalah makasakannya yang dikenal berbumbu dengan padua rempah rempah asli Indonesia yang mengahasilkan rasa yang khas dan memiliki citarasa yang tradisional juga orsinil. Ya, masakan Indonesia kebanyakan mengandung santan, berbumbu pedas, berbumbu pecel/kacang, dengan tambahan rempah rempah alami yang sangat lezat.
5 Makanan Indonesia yang mendunia | Maia Dianti | 5