6 kota mati yang mengerikan di dunia

Kota adalah suatu wilayah yang dihuni oleh ribuan atau mungkin bahkan sampai puluhan ribu manusia di dalamnya dengan segala aktifitas yang dilakukannya. Selain itu, karena manusia adalah makhluk sosial yang saling berhubungan dan akan saling membutuhkan satu sama lain, maka tidak mungkin manusia bisa hidup sendirian apalagi di dalam kota yang luas.

Berbagai gedung, sekolah, perkantoran, supermarket, toko buku, toko peralatan rumah tangga, toko makanan, toko pakaian dan segala keperluan manusia pada umumnya dibangun sebagai fasilitas kota untuk memudahkan manusia mendapatkan kebutuhannya, apalagi kebutuhan sehari hari yang terkadang kita sendiri sering terdesak untuk mendapatkannya.

Kota yang anda tinggali tidak mungkin sepi dari manusia, kalaupun iya, setidaknya dalam jarak 10-15 meter di sebelah anda pasti akan anda temukan manusia lain meskipun anda tidak kenal. Ya, kota memang tidak pernah sepi dari manusia. Apalagi kota kota besar seperti di Jakarta, Bandung, dll yang mayoritas penduduknya asli dari kota tersebut, sudah pasti selain ia, ada juga anggota keluarga lain yang juga tinggal di kota yang sama. Itulah mengapa kota tidak pernah sepi dari manusia.

Namun, apa yang anda bayangkan begitu mendengar istilah kota mati? Kota dimana tidak ada aktifitas, tidak ada rutinitas yang dilakukan oleh orang orang, tidak ada gedung perkantoran yang ditempati, tidak ada mall yang ramai pengunjung, tidak ada toko toko yang buka dan dijaga manusia, bahkan tidak ada manusia yang menduduki kota tersebut! Tidak ada satupun manusia! Seperti halnya kota kota mati di bawah ini yang sangat mengerikan karena tidak dihuni dalam waktu yang sangat lama.

kota mati yang mengerikan di dunia

Kolmanskop – Namibia (Kota yang terkubur pasir) 
Prypiat – Ukraina (tempat tinggal para pekerja Chernobyl)

Kota mati ini terbentuk akibat demam berlian di tahun 1908 yang masyarakatnya dapat meraup kekayaan dengan mudah. Dibangunlah kota ini dengan prasarana yang sangat eksklusif. Namun sejak jual-beli berlian terhenti, kota pasir ini seolah meminta apa yang menjadi haknya. Bangunan bangunan tertimbun, gedung gedung dikosongkan dan deretan rumah rumah menjadi berhantu karena tidak dihuni.

Prypiat – Ukraina (tempat tinggal para pekerja Chernobyl) 
Prypiat – Ukraina (tempat tinggal para pekerja Chernobyl)

Masih ingat dengan bencana nuklir Chernobyl yang menghebohkan dunia? Nah, Prypiat merupakan kawasan tempat tinggal para pekerjanya. Sejak bencana nuklir Chernobyl yang menewaskan sekitar 50.000 korban jiwa ini Prypiat menjadi kota mati yang mengerikan. Peralatan rumah tangga, barang barang, gedung, sekolah dibiarkan begitu saja. 

San Zhi – Taiwan (tempat peristirahatan modern) 
San Zhi – Taiwan (tempat peristirahatan modern)

Resor resor yang seharusnya menjadi mewah dan pilihan liburan bagi orang orang kaya ini juga menelan banyak nyawa melayang sejak pembangunannya. Karena kehabisan dana dan pekerja yang menjadi korban korban jiwa, akhirnya pembangunannya dihentikan. Dan konon, tempat ini menjadi sangat berhantu dari para pekerja yang sudah meninggal.

Oradour Sur-Glane – Perancis (perkampungan kecil saksi bisu kekejaman Jerman) 
Oradour Sur-Glane – Perancis (perkampungan kecil saksi bisu kekejaman Jerman)

Perkampungan kecil yang terletak di Perancis ini menjadi saksi bisu kekejaman para tentara Jerman yang membantai habis 642 penduduknya sebagai balas dendam atas perlakuan Perancis pada waktu perang dunia ke II itu. laki laki dimasukkan ke gudang dan kakinya ditembaik. Wanita wanita dimasukkan ke gereja lalu dibunuh dengan cara ditembak. Reruntuhan dan segala kekacauannya masih dibiarkan begitu saja hingga saat ini.

Gunkanjima – Jepang 
Gunkanjima – Jepang

Sebuah perusahaan Mitsubishi membeli pulau tersebut untuk keperluan tambang batu bara. Blok apartemen dibangun untuk para pekerjanya, namun populasi membengkak hingga akhirnya perusahaan itu menutup pulau tersebut. Pulau ini pernah digunakan syuting film Royal Battle II

Famagusta – Cyprus 
Famagusta – Cyprus

Kota ini dulunya adalah destinasi wisata nomor satu, namun sekarang adalah kota hantu. Varosha adalah tempat yang tidak diakui oleh Cyprus dan kemudian kota ini ditinggalkan dan dijadikan kota mati.
6 kota mati yang mengerikan di dunia | Maia Dianti | 5