Kegagalan pasar atau Market failure

Dalam kegiatan ekonomi yang memiliki banyak sekali ragamnya kita mungkin mengenal produksi, konsumsi, distribusi, lalu ada permintaan, dan penawaran yang terjadi di pasar baik untuk barang ataupun untuk jasa. Pasar yang menawarkan barang dan jasa tidak selamanya dan tidak selalu berhasil dan mengutungkan. Dalam kegiatan jual beli dan transaksi juga ada istilah kegagalan pasar atau market failure.
Berikut ini adalah definisi yang lebih jelas mengenai kegagalan pasar atau market failure:
Kegagalan pasar (market failure) adalah pasar gagal menjadi alat alokasi sumber daya yang efisien, sehingga timbul biaya tambahan dan kerugian kerugian.
Penyebab terjadinya kegagalan pasar atau market failure antara lain adalah:
- Informasi tidak sempurna.
Kegagalan pasar akibat dari informasi tidak sempurna misalnya adalah ketika anda membeli sebuah mobil, kita harus menyewa montir yang dipercaya dan berpengalaman agar kita tidak tertipu oleh penjual mobil tersebut. Kita harus membayar montir karena informasi tidak sempurna.
- Daya monopoli.
Perusahaan yang memiliki daya monopoli sering kali menaikkan harga seenaknya, sehingga pembeli membayar lebih mahal dari sebelum harganya menjadi naik.
- Eksternalitas.
Eksternalitas adalah keuntungan atau kerugian yang dinikmati atau diderita pelaku ekonomi sebagai akibat tindakan pelaku ekonomi lain.
• Eksternalitas positif: contohnya, ketika ada konser musik, muncul pedagang kaki lima dadakan, pedagang mendapatkan keuntungan.
• Eksternalitas negatif: contohnya, ketika mendirikan pabrik di lingkungan perumahan, warga akan protes karena polusi dan pencemaran yang ditumbulkan.
- Barang publik: barang yang bersifat non rivalry (bisa dinikmati orang banyak secara bersamaan) dan non exclusive (gratis), contohnya adalah: masjid, jalan raya, lampu penerangan jalan.
Barang semi publik: misalnya jalan tol (tidak gratis, harus bayar)
Barang privat: sepatu, karena tidak gratis dan tidak bisa dipakai bersama dengan orang lain.
- Barang alturisme: barang yang kesediaannya secara suka rela karena alasan kemanusiaan.
Berikut ini adalah jenia konsumen dan produsen marginal:
- Produsen:
a. Sub marginal: jual di atas harga pasar
b. Marginal: jual sesuai harga pasar
c. Super marginal: jual di bawah harga pasar
- Konsumen:
a. Sub marginal: beli di atas harga pasar
b. Marginal: beli sesuai harga pasar
c. Super marginal: beli di bawah harga pasar
Kegagalan pasar atau Market failure | Maia Dianti | 5