7 letusan gunung berapi terdahsyat sepanjang sejarah

Kejadian menggemparkan di dunia ini sangatlah beragam. Mulai dari kejadian yang menyenangkan juga kejadian yang menyedihkan dan memilukan. Anda tentu masih ingat dengan tsunami yang menewaskan puluhan ribu orang dalam beberapa saat saja. ternyata, ada yang lebih menggemparkan dari tsunami yaitu letusan gunung berapi.

Indonesia sendiri dikenal sebagai negara dengan gunung gunung berapi besar yang masih aktif dan sesekali mengeluarkan tanda tanda akan meletus. Selain gempa yang ditimbulkan, abu vulkanik, semburan lahar panas ataupun dingin, juga asap asap nya yang sangat membahayakan bahkan mematikan kerap terjadi. Bukan hanya kerugian materi yang tidak terhitung, namun yang lebih parahnya lagi adalah kehilangan nyawa banyak orang.

Selain itu, butuh juga waktu yang cukup lama untuk mengembalikan suatu daerah yang terkena letusan gunung berapi untuk menjadi pulih kembali seperti sebelumnya. Mendengar kata ‘letusan’ yang ada dalam benak kita mungkin suara yang sangat dahsyat yang bisa saja merusak pendengaran kita dan sangat membahayakan keselamatan. Seperti hal nya bom atom yang pernah terjadi di Hiroshima dan Nagasaki saat perang dunia. Hingga saat ini pun masih ada orang yang hidup dan selamat dari bencana tersebut dan mengakui kedahsyatan dari bom aton tersebut. Padahal itu bom adalah buatan manusia bisa begitu dahsyatnya. Bayangkan dengan letusan gunung berapi yang besar dan membahayakan keselamatan puluhan ribu makhluk hidup. Berikut adalah beberapa letusan terdahsyat yang menggemparkan dunia.

letusan gunung berapi terdahsyat sepanjang sejarah

Gunung Tambora, Pulau Sumbawa, Indonesia.

Gunung Tambora, Pulau Sumbawa, Indonesia.

Letusan gunung ini mencapai VEI 7 “super kolosal” dan gunung Tambora masih aktif hingga sekarang. Letusan ini menelan 71.000 korban jiwa.

Gunung Changbaishan, Perbatasan China dan Korea Utara.

Gunung Changbaishan, Perbatasan China dan Korea Utara.

Letusan gunung ini memuntahkan material vulkaniknya hingga Jepang utara yang berjarak hingga 1.200 kilometer.

Gunung Thera, Yunani.

Gunung Thera, Yunani.

Para ahli Geologi beranggapan bahwa energi letusan gunung ini adalah beberapa ratus kali bom atom dalam sepersekian detik.

Gunung Ilopango, El-Salvador.

Gunung Ilopango, El-Salvador.

Gunung ini hanya mengalami dua kali letusan sepanjang sejarah. Kabarnya letusan pertama dari gunung ini menghancurkan kota-kota Maya awal.

Pulau Ambrym, Republik Vanuatu.

Pulau Ambrym, Republik Vanuatu.

Ini adalah salah satu letusan yang paling mengesankan dalam sejarah. Letusan yang mengirim abu panas hingga 12 kaldera.

Gunung Pinatubo, Filipina.

Gunung Pinatubo, Filipina.

Letusan dahsyat dari Pinatubo adalah letusan eksplosif klasik, mengeluarkan material sejauh 5 kilometer kubik ke udara.

Novarupta, Semenanjung Alaska.

Novarupta, Semenanjung Alaska.

Letusan Novarupta, bagian dari cincin api pasifik. Adalah letusan gunung api terbesar abad 20.
7 letusan gunung berapi terdahsyat sepanjang sejarah | Maia Dianti | 5