Jaringan tumbuhan

Sebagai makhluk hidup layaknya manusia dan hewan, tumbuhan juga memiliki sel dan jaringan yang berfungsi untuk menjalankan kegiatan atau aktivitas kehidupan di dalamnya. Namun, tentu saja fungsi dan tugasnya berbeda dari jaringan yang ada pada manusia ataupun pada hewan. Meskipun begitu, tumbuhan yang juga merupakan makhluk hidup memiliki sifat sifat makhluk hidup seperti bernafas, memerlukan makanan dan nutrisi, tumbuh, berkembang biak, dan sebagainya. Oleh karena itu, sel sel di dalam tumbuhan menjalankan aktivitas tersebut agar hidup nya tetap berlangsung. Jaringan tumbuhan terdiri dari jaringan meristem, dan jaringan permanen, yang masing masing memiliki kelompok kelompok lagi. berikut ini adalah penjelasan yang lebih mendalam mengenai jaringan jaringan tersebut:
a. Jaringan meristem, yaitu jaringan yang memiliki sifat yang selalu membelah diri. jaringan meristem ini dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu:
- Promeristem: jaringan ini adalah jaringan yang sudah ada saat tumbuhan masih dalam tahap embrional.
- Meristem primer: jaringan ini adalah jaringan yang ada pada tumbuhan dewasa dan sifatnya masih membelah diri.
- Meristem sekunder: jaringan meristem sekunder ini adalah jaringan yang berasal dari meristem primer.
b. Jaringan permanen, yaitu adalah jaringan yang tidak meristematis. Jaringan permanen, terbagi lagi menjadi beberapa bagian, yaitu:
- Jaringan epidermis
- Jaringan parenkim: memiliki sifat yaitu ada protoplasma untuk regenerasi, untuk mengangkut extravasikuler, tempat menimbun cadangan makanan, dan komponen utama untuk korteks batang.
- Jaringan penyokong: jaringan penyokong ini dibagi lagi menjadi beberapa bagian, yaitu:
• Jaringan kolenkim: memiliki sifat sebagai jaringan hidup, berprotoplasma, untuk mengokohkan, batang muda, mengalami penebalan selulosa.
• Jaringan sklerenkim: memiliki sifat yaitu jaringan ini merupakan jaringan mati, dan mengalami lignisasi. Jaringan sklerenkim juga memiliki dua bagian, yaitu sklereida (sel batu) dan serabut serabut sklerenkim (serat).
c. Jaringan pengangkut, jaringan pengangkut ini cukup terkenal, yaitu xylem dan floem:
- Xylem (pembuluh kayu): trakeid, treakea, parenkim xylem.
- Floem (pembuluh tapis)
Berikut ini adalah macam macam ikatan pembuluh:
• Ikatan pembuluh kolateral: ikatan ini yang tersusun dari xylem dan floem yang letaknya bersebelahan di dalam suatu jari jari. Xylem berada di dalam sedangkan floem berada di luar.
• Ikatan pembuluh radial: ikatan jenis ini juga letaknya bersebelahan, namun tidak dalam jari jari yang sama.
• Ikatan pembuluh konsentris: ikatan ini memiliki dua bagian lagi, yaitu amfikribal (letak xylem di tengah dan dikelilingi oleh floem), serta amfivasal (letak floem berada di tengah dan dikelilingi oleh xylem)
d. Jaringan gabus.
Jaringan tumbuhan | Maia Dianti | 5