Sistem gerak

Dalam setiap masing masing tubuh individu manusia, terjadi beberapa sistem yang mendukung untuk hidupnya yang ada di dalam tubuh. Sistem sistem tersebut memiliki kegunaan dan peran masing masing dan mereka menjalankan peran peran tersebut, mungkin juga tanpa kita sadari. Beberapa sistem yang ada pada tubuh manusia adalah sistem gerak, sistem transportasi, sistem pencernaan, sistem ekskresi, dan lain lain. Berikut ini adalah salah satu penjelasan tentang salah satu sistem, yaitu sistem gerak yang ada di tubuh kita.
Sehari hari, manusia yang normal dan menjalankan aktifitas, tidak dapat lepas dari gerak, artinya adalah bahwa setiap manusia yang hidup dan normal, melakukan gerak, sekecil apapun itu. untuk bergerak, maka ada hal yang digerakkan dan juga yang menggerakkan. Tulang adalah yang digerakkan dan otot adalah yang menggerakkan. Berikut ini adalah penjelasannya tentang rangka yang merupakan sistem gerak. Rangka terdiri dari tulang dan otot.
Rangka memiliki fungsi sebagai berikut:
- Melindungi organ organ yang ada di dalam tubuh
- Untuk menopang tubuh
- Sebagai alat gerak pasif
- Memberi bentuk pada tubuh
- Menegakkan tubuh
- Tempat melekatnya otot
- Rangka juga merupakan tempat pembentukan sel sel darah
Rangka juga ada persendian untuk memudahkan gerak. Persendia atau artikulasi, dikelompokkan pada:
1. Diartrosis (hubungan sendi), yaitu adalah hubungan antara tulang yang memungkinkan terjadinya gerak antara kedua tulang yang dihubungkan. Jenis jenis atau macam sendi ada beberapa, berikut ini adalah jenis jenis sendi:
• Sendi peluru
• Sendi engsel
• Sendi putar
• Sendi pelana
• Sendi geser
• Sendi kondiloid
2. Sinartrosis, yaitu adalah hubungan antar tulang yang tidak memungkinkan adanya gerakan. Sinartrosis dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:
- Sinkondrosis, yaitu kedua ujung tulang dihubungkan oleh tulang rawan yang masih memungkinkan adanya gerakan
- Sinfibriosis, yaitu kedua ujung tulang dihubungkan oleh jaringan fibrosa dan tidak ada gerak.
Keberadaan sistem gerak yang ada pada tubuh manusia ini sangatlah bermanfaat dan sangat berguna. Tanpa adanya sistem gerak, manusia mungkin saja akan kaku dan organ organ yang ada di dalam tubuhnya tidak terjaga dengan baik tanpa adanya tulang dan rangka. Oleh sebab itu, jagalah diri kita baik baik dan juga bersyukur kepada Tuhan yang telah merancang sebaik ini untuk menunjang kehidupan kita di dunia.
Sistem gerak | Maia Dianti | 5