Pengertian Sosiologi menurut beberapa ahli

Sosiologi merupakan salah satu bidang studi yang pernah kita pelajari selama sekolah terutama di sekolah menengah atas yang masuk ke dalam bidang studi ilmu pengetahuan sejarah. Manusia sebagai makhluk sosial tentunya tidak bisa hidup sendiri dan saling membutuhkan. Oleh sebab itu, ilmu sosiologi juga berperan menyelidiki dan mempelajari gejala gejala yang terjadi di lingkungan kita termasuk lingkungan masyarakat. Kita sebagai manusia yang hidup dan membutuhkan orang lain sepanjang hidup kita, tentu perlu mempelajari sosiologi. Selain itu, belajar sosiologi juga bisa unuk bekal diri kita untuk menghadapi interaksi sosial yang akan kita alami sehari hari. berikut ini adalah pengertian atau definisi sosiologi menurut beberapa ahli:
1. Auguste Comte: sosiologi adalah suatu disiplin ilmu yang bersifat positif yaitu mempelajari gejala-gejala dalam masyarakat yang didasarkan pada pemikiran yang bersifat rasional dan ilmiah. Definisi sosiologi menurut Auguste Comte: socius=teman dan logos=cerita. Sosiologi adalah bercerita tentang teman (masyarakat)
2. Max Weber: sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tindakan sosial atau perilaku-perilaku sosial.
3. Emile Durkheim: sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial yaitu fakta fakta atau kenyataan yang berisikan cara bertindak, cara berpikir, dan cara merasakan sesuatu.
4. Hebert Spencer: sosiologi adalah ilmu yang menyelidiki tentang susunan-susunan dan proses kehidupan social sebagai suatu keseluruhan/suatu sistem.
5. Pitirim Sorokin: sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari:
- Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial.
- Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala-gejala non-sosial.
- Ciri-ciri umum semua jenis gejala sosial lain.
6. Raoucek & Warren: sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok sosial.
7. Wiliam F Ogburn & Mayer F. Nimkoff: sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi social dan hasil-hasil dari interaksi tersebut.
8. J. A. A Van Dorn & C. J. Lammers: sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.
9. Paul B Horton: sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok kelompok masyarakat dan produk/hasil dari kehidupan kelompok tertentu.
10. Mac Iver: sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan-hubungan social yang terjadi dalam masyarakat.
11. J Gillin: sosiologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi yang timbul di dalam masyarakat.
12. P . J. Baouman: sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang manusia dan hubungan hubungan antar golongan manusia.
13. J Bierens de Haan: sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang masyarakat manusia. baik mengenai hakekatnya, susunannya, hubungannya, kodrat kodrat yang menggerakkannya, mengenai kesehatan dan perkembangannya.
14. George Simmel: sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perhubungan sesama manusia (human relationship)
15. Lester Frank Ward: sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk meneliti kemajuan kemajuan manusia dan apa saja yang dilakukan oleh manusia dalam kehidupannya.
16. William Kornblum: sosiologi adalah suatu upaya untuk mempelajari masyarakat dan perilaku perilaku anggotanya yang menjadikannya masyarakat yang bersangkutan ke dalam berbagai kelompok kelompok dan berbagai kondisi kondisi.
17. Alan Johnson: sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi individu dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya mempengaruhi sistem itu.
18. Van der Zanden: sosiologi adalah studi ilmiah tentang interaksi manusia di masyarakat.
19. Anthony Giddens: sosiologi adalah studi tentang kehidupan sosial manusia, kelompok-kelompok manusia dan masyarakat.
20. Mayer Polak: sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan yakni hubungan diantara manusia dengan manusia, manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok.
21. Selo Soemardjan & Soelaiman Soemardani: sosiologi atau ilmu masyarakat ialah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses proses sosial termasuk perubahan perubahan sosial.
22. Soerjono Soekanto: sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola pola umum kehidupan masyarakat.
Pengertian Sosiologi menurut beberapa ahli | maya | 5