Perang Dunia I

Kata perang dunia terdengar sangat mengerikan di telinga kita. Tak terbayangkan berapa banyak pertumpahan darah dan juga kekacauan yang terjadi di atas muka bumi ini. Kita mungkin sering mendengar kata ini terutama disaat mempelajari sejarah dunia. Perang Dunia yang pernah terjadi di tahun 1914-1918 dan memakan waktu sekitar 4 tahun an ini disebabkan oleh berbagai alasan. Selain itu, yang lebih mengerikannya lagi adalah bahwa perang dunia I ini berlanjut dengan adanya perang dunia II. Kita tentu tidak pernah berharap ada perang dunia III sebagai lanjutannya karena perang dunia I dan perang dunia II saja sudah menuai banyak sekali kekacauan dan pertumpahan darah. Padahal sebaiknya kita yang menumpang tinggal di bumi ini seharusnya tidak membuat kerusakan dalam bentuk apapun apalagi yang merugikan banyak orang. Perang Dunia I disebabkan oleh sebab-sebab umum dan sebab khusus. Sebab khusus dari Perang Dunia I adalah pembunuhan Putra Mahkota Austria-Hongaria oleh Garvillo Principe di Sarajevo Bosnia. Sedangkan sebab sebab umumnya adalah:
- Pertentangan yang terjadi antar negara negara
- Kemajuan industri
- Politik kolonialisme dan imperialisme
- Timbulnya persekutuan persekutuan
Negara negara peserta Perang Dunia I antara lain terbagi menjadi dua blok, yaitu blok sentral dan blok sekutu.
- Peserta blok sentral: (Triple Alliante) Jerman, Austria, Italia. Lalu adala Turki dan Bulgaria, namun Italia keluar karena adanya bentrok dengan Austria.
- Peserta blok sekutu: (Triple Entente) Inggris, Perancis, Rusia, dan sekitar 20 negara termasuk Amerika Serikat terpaksa menjadi pesertanya karena kapal dagangnya ditorpedo oleh Jerman.
Jalannya Perang Dunia I:
1. Di Front Barat, Jerman menang melawan Perancis pada awalnya, namun Perancis di bawah Jenderal Joffre berhasil memukulnya. Perang itu tersendat dalam Perang Parit.
2. Di Front Timur, Rusia dipukul oleh Jerman dekat danau Masuri dan Rusia meminta damai dengan mangadakan Perdamaian Brest-Litowsk.
3. Di Front Italia, Italia berhasil dikalahkan oleh Jerman.
4. Di Front Balkan, Rumania dan Serbia kalah dari Jerman, sedangkan Inggris berhasil dipukul Turki. Namun, Turki menyerah karena diserang dari Arabia, Palestina, dan Irak.
5. Perang Laut, pertempuran laut di Jutland antara Inggris dan Jerman namun tidak ada dari mereka yang menang. Jerman mengumumkan bahwa kapal selam tidak terbatas, dan kapal dagang milik Amerika Serikat ditenggelamkan oleh Jerman. Oleh sebab itu, Amerika Serikat menyatakan perang kepada Jerman.
Perang Dunia I | Maia Dianti | 5