Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)

Setelah terjadinya perang dunia I dan perang dunia II, selain menyebabkan kekacauan dan kegentingan, namun juga membawa banyak hikmah bagi orang yang berpikir. Selain itu, muncul kesadaran dunia akan perdamaian dan ketenteraman dunia, agar negara negara manapun dapat menjalankan kehidupan masyarakatnya dan juga agar tidak ada lagi peperangan dan perpecahan diantara manusia. selain itu, juga harus adanya lembaga atau organisasi yang dapat dijadikan penengah atas masalah masalah yang menimpa negara negara,selain itu juga untuk mendukung dan mendamaikan antara yang berselisih agar kembali damai tanpa harus ada pertumpahan darah dan tanpa harus ada kekacauan yang terjadi. Berikut ini adalah salah satu usaha untuk menciptakan perdamaian dunia tersebut yaitu dengan didirikannya PBB atau Perserikatan Bangsa Bangsa:
PBB didirikan di San Fransisco pada tanggal 24 Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington DC. Pada sidang umum pertama dihadiri oleh wakil dari 51 negara baru berlangsung pada 10 Januari 1946 di Church House London. Anggota asli adalah 50 negara yang menandatangani Piagam San Fransisco, lalu ada negara negara tambahan. Sebagai sebuah organisasi, tentunya PBB juga memiliki tujuan, berikut ini adalah beberapa tujuan PBB, yaitu:
1. Memelihara perdamaian dan keamanan dunia.
2. Mengembangkan hubungan persahabatan antarbangsa berdasarkan asas-asas persamaan derajat, hak menentukan nasib sendiri, dan tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain.
3. Mengembangkan kerjasama internasional dalam memecahkan masalah-masalah ekonomi, sosial, budaya, dan kemanusiaan.
4. Menyelesaikan perselisihan dengan cara damai dan mencegah timbulnya peperangan.
5. Memajukan dan menghargai hak asasi manusia serta kebebasan atau kemerdekaan fundamental tanpa membedakan warna, kulit, jenis kelamin, bahasa, dan agama.
6. Menjadikan pusat kegiatan bangsa-bangsa dalam mencapai kerja sama yang harmonis untuk mencapai tujuan PBB.
Berikut ini adalah Badan Khusus PBB:
- ILO: mengurusi masalah buruh
- FAO: mengurusi pangan dan pertanian
- UNESCO: mengurusi pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya
- WHO: mengurusi kesehatan
- IBRD: disebut juga dengan World Bank
- IMF: dana moneter internasional
- UNICEF: mengurusi anak-anak
- UNCTAD: konferensi perdagangan dan pembangunan
- UNDP: program pembangunan PBB
- GATT: persetujuan tarif dan perdagangan. sekarang berubah menjadi WTO.
Sekjen PBB:
- Trygvie Lie
- Dag Hammarskjold
- U Thant
- Kurt Waldheim
- Javier Perez de Cuelar
- Boutros-boutros Ghali
- Kofi Anan
- Ban Ki Moon
Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) | Maia Dianti | 5