5 restoran terbaik di dunia

Restauran atau tempat makan bukan lagi tempat yang sulit untuk dikunjungi atau didapat. Restoran sudah banyak dimana mana. Di tempat tempat pusat perbelanjaan, di pinggir jalan raya, di tempat tempat bermain atau mall dan di wilayah wilayah yang cukup ramai untuk memudahkan para pelanggan yang lapar dan haus.

Dengan berbekal bahwa manusia di bumi ini jutaan bahkan miliaran, dengan kenyataan bahwa makan adalah kebutuhan pokok nomor satu dan kenyataan bahwa manusia jaman sekarang yang berduit lebih banyak memilih untuk makan diluar atas berbagai alasan, usaha atau bisnis rumah makan/restauran sepertinya tidak akan ada habisnya.

Beberapa restauran menawarkan harga yang ‘wajar’ untuk menarik pembeli dari kalangan apa saja, beberapa restauran memiliki hidangan istimewa untuk para pecinta kuliner, beberapa restauran bahkan menawarkan ‘nama’ dan menewahan pelayanannya, beberapa restauran juga bahkan menawarkan hidangan berkelas dengan pelayanan mewah dan banderol harga yang menjulang tinggi. Namun, tidak semua restauran menawarkan pelayanan terbaik untuk para pelanggannya. Berikut ini adalah daftar restauran terbaik di dunia:

5 restoran terbaik di dunia

El Bulli, Spanyol

El Bulli, Spanyol

Restauran ini telah mendapatkan tiga kali penghargaan restauran terbaik dari sebuah majalah restauran pada tahun 2002, 2006 dan 2007. Restauran bintang tiga ini dijalankan oleh koki bernama Ferran Adria di Costa Brava di Spanyol. Restauran kecil di teluk Cala Monjoi ini digambarkan dengan “yang paling imajinatif generator dari Haute masakan dunia” 

The Fat Duck, Inggris

The Fat Duck, Inggris

Restauran ini memiliki keunikan tersendiri yaitu lokasi nya yang tidak seperti restauran kelas atas pada umumnya yang menempatkan diri di lokasi yang strategis, mewah, dan benar benar berkelas. Restauran The Fat Duck ini hanya bisa dijumpai di sebuah rumah sederhana di Inggris. restauran ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai restauran terbaik oleh sebuah majalah restauran. Setelah nya, restauran ini menjadi runner up beberapa kali.

Pierre Gagnaire, Prancis

Pierre Gagnaire, Prancis

Restauran ini dijalankan oleh koki asal Prancis yang bernama Pierre Gagnaire yang sangat terkenal. Beliau mengawali karirnya di St Etinne, tempat dimana ia meraih 3 bintang Michelin. Pierre Gagnaire memiliki pengaruh dalam memasak yang telah terkenal di seluruh dunia. Restauran ini dianggap sebagai salah satu restauran terbaik Perancis dalam bidang “Perancis Modern”. Beliau juga merupakan kepala koki di sketch di London. Di tahun 2005, kedua restauran tersebut masuk ke dalam 20 besar industri dunia oleh sebuah majalah restauran dan Pierre Gagnaire menduduki peringkat ketiga pada tahun 2006 dan 2007.

The French Laundry, Amerika Serikat

The French Laundry, Amerika Serikat

Restauran ini terletak di Yountville, California, di lembah Napa. Restauran ini dimiliki oleh seorang Perancis, begitu juga dengan para kokinya yang bernama Thomas Keller. Alumni dari The French Laundry ini termasuk juga Jonathan Benno (Per se), Hibah Achatz (Alinea), Ron Siegel (The Restoran Kamar di Ritz Carlton), dan masih banyak lagi.

Tetsuya, Australia

Tetsuya, Australia

Tetsuya Wakuda adalah koki dari restauran ini dan sudah diakui secara international. Restauran ini juga dianggap sebagai salah satu restauran terbaik di dunia. Restauran yang berada di Sydney ini menempati bangunan bekas Seagram’s dan telah mendapatkan peringkat tertinggi di Sydney Morning Herald Good Food tahun 2007, Restoran of the Year dan Restoran Fine terbaik di Restoran & Catering Asosiasi Awards 2005.
5 restoran terbaik di dunia | Maia Dianti | 5