10 stadion termegah di dunia

Stadion yang sering kita dengar atau kita lihat di televisi merupakan lapangan superbesar tempat diadakannya pertandingan sepak bola klub klub besar di dunia. Selain itu, stadion juga mampu menampung puluhan ribu penonton atau penggemar yang datang langsung untuk mendukung klub favoritnya.

Umumnya, tempat penonton adalah kursi yang berjajar dengan tingkat ketinggian yang bertahap untuk menghindari pandangan terhalang oleh orang yang menonton di depannya. Selain itu, stadion juga dilengkapi dengan ruang istirahat para pemain, kamar mandi, dll.

Stadion yang baik juga memiliki rumput yang hijau tebal merata pada setiap jengkalnya. Mungkin juga anda dalah seorang yang pernah atau bahkan sering datang ke stadion stadion besar yang terkenal seperti Old Trafford, atau The Anfield, dll. Anda pasti bisa merasakan sendiri bagaimana suasananya. Salah satu yang terasa jika kita mendatangi atau menonton langsung pertandingan sepak bola oleh klub favorit kita, dan pada saat mereka menyanyikan lagu kebangsaannya, kita pasti akan merasa merinding. Hal itu umum dirasakan oleh kebanyakan penggemar atau mungkin bahkan semua penggemarnya.  Berikut ini adalah beberapa stadion kelas dunia yang memiliki ukuran yang sangat besar dengan fasilitas yang sangat baik.

stadion termegah di dunia

International Stadium Yokohama, Jepang

International Stadium Yokohama, Jepang

Stadion yang memakan biaya 60 Miliar Yen dalam pembuatannya ini dilengkapi dengan atap yang bisa dibuka dan ditutup, rumput hijau Jepang alami, menampung 70.000 penonton, 824 lampu, pipa air panas yang ditanam di bawahnya, dua layar raksasa, dan alat untuk mengurangi bayangan.

Azadi, Teheran, Iran

Azadi, Teheran, Iran

Stadion yang pernah dijadikan tempat Asian Games tahun 1974 ini dapat menampung sebanyak 100.000 penonton.

Stadion Olimpico, Itali

Stadion Olimpico, Itali

Stadion ini pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 1990, sekaligus menjadi saksi bisu sejarah kegagalan AS Roma dalam drama adu pinalti yang dimenangkan oleh Liverpool pada tahun 1984. Jutaan miliar dolar dihabiskan untuk renovasi stadion tersebut pada tahun 2001.

San Siro, Italia

San Siro, Italia

Di Itali, orang tidak bisa memisahkan San Siro dengan sepak bola. Stadion yang menjadi rumah bagi kesebelasan AC Milan dan Inter Milan ini dapat menampung 80.000 penonton dengan pencahayaan yang menakjubkan dan VIP lounge dan bar khusus penggemar fanatik setempat.

Maracana, Rio de Janeiro, Brazil

Maracana, Rio de Janeiro, Brazil


Sepertinya semua orang Brazil menyukai sepak bola. Tidak salah mengapa parlemen setempat membangun stadion berkapasitas 125.000 orang ini yang tampaknya masih harus diperluas lagi. 

Louis II, Monte Carlo, Monaco

Louis II, Monte Carlo, Monaco

Stadion Louis II ini memiliki gaya arsitektur khas Monaco. Selain itu juga, stadion yang mampu menampung 200.000 orang ini adalah salah satu stadion ternyaman di Eropa.

Estadio Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol

Estadio Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol

Stadion ini dilakukan renovasi secara besar besaran, namun tidak akan sampai mengurangi keunikan dan sejarah yang telah dilaluinya. Stadion ini sangat unik dan pasti menjadi stadion kesayangan pendukung Real Madrid.

Old Trafford, Manchester, England

Old Trafford, Manchester, England

Stadion ini sangat dikenal apalagi oleh para pecinta klub sepak bola Manchester United. Namun jangan heran jika pada hari pertandingan, polisi setempat mengelilingi seluruh penjuru stadion yang berkapasitas 68.000 orang ini. sayangnya, hanya 3.000 kursi yang disediakan untuk penggemar lawan. 

Nou Camp, Spanyol

Nou Camp, Spanyol

Stadion ini dijadikan tuan rumah Piala Dunia pada tahun 1982. Merupakan salah satu stadion terbesar di Eropa yang mampu menampung 120.000 penonton.

Estadio Azteca, Mexico

Estadio Azteca, Mexico

Stadion ini pernah menjadi saksi sejarah Piala Dunia pada tahun 1970 dan 1986. Saat itu Pele menunjukkan kepiawaiannya bermain bola yang menjadikan Brazil juara Piala Dunia tahun 1970 dan Diego Maradona pada Piala Dunia tahun 1986 dimana Argentina berhasil melibas Jerman.
10 stadion termegah di dunia | Maia Dianti | 5