Kerajaan Malaka

Bangsa Indonesia pada jaman dahulu memang berdiri kerajaan kerajaan yang bercorak Hindu dan Budha maupun yang bercorak Islam. Berbagai kerajaan yang menduduki wilayah wilayah di Indonesia tersebut juga menarik untuk kita simak keberadaannya sebagai bukti dari perkembangan dan proses bangsa Indonesia sebelum seperti sekarang ini.
Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan masuknya agama Islam di Indonesia, kerajaan kerajaan bercorak Hindu dan Budha yang mengalami kemunduran atau keruntuhan akibat dari berbagai hal seperti ditaklukan kerajaan lain, tertimpa bencana alam, atau mengalami pemusnahan tergantikan oleh kerajaan kerajaan bercorak Islam. Salah satunya adalah Kerajaan Malaka yang didirikan pada tahun 1396-1414 ini oleh Paramisora atau Prameswara.
Beliau (Paramisora) merupakan keturunan kerajaan Majapahit yang masuk Islam dan mengganti namanya menjadi Sultan Iskandar Syah. Pada tahun 1414-1424, putra Sultan Iskandar Syah yang bernama Muhammad Iskandar Syah menggantikan ayahnya sebagai raja. Beliau berhasil menguasai jalur perdagangan di Malaka melalui perkawinan politik dengan putri Samudra Pasai.
Pada 1414-1458, Muhammad Iskandar Syah digantikan oleh Mudzafar Syah. Mudzafar Syah berhasil mengatasi serangan yang berasal dari Kerajaan Siam dan memperluas wilayahnya hingga ke Pahang, Indragiri, dan Kampar.
Pemimpin Malaka selanjutnya adalah Sultan Mansyur Syah pada 1458-1477 dan pada masa pemerintahannya itu terdapat Laksamana Hang Tuah yang tangguh dan diceritakan dalam Hikayat Hang Tuah.
Pada periode 1477-1488, yang berkuasa adalah Sultan Allaudin Syah, namun karena banyaknya wilayah yang melepaskan diri, Kerajaan Malaka mengalami kemunduran.
1488-1511 Kerajaan Malaka dikuasai Sultan Mahmud Syah dan pada masa pemerintahannya ini Kerajaan Malaka takluk di tangan Portugis yang saat itu dipimpin Alfonso d’Albuqueque.
Setelah berhasil menaklukan Kerajaan Malaka, bangsa Portugis juga menaklukan Kerajaan Samudra Pasai pada tahun 1521. Kedatangan Portugis ke Indonesia ternyata menaklukan kerajaan kerajaan yang ada di Indonesia, sekaligus mempengaruhi kerajaan kerajaan yang ada di Indonesia. Meskipun tidak semua kerajaan yang ada di Indonesia akhirnya takluk pada Portugis, namun beberapa kerajaan seperti Kerajaan Samudra Pasai dan Kerajaan Malaka ditundukkan Portugis.
Kerajaan Malaka | Maia Dianti | 5