Kingdom Protista

Ilmu biologi memiliki cabang cabang tertentu yang lebih dispesifikasikan atau dikelompokkan agar mudah untuk meneliti maupun mempelajarinya. Dalam ilmu biologi, dikenal dengan adanya kingdom kingdom atau pengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri dan sifatnya. Salah satu dari beberapa kingdom yang ada adalah kingdom protista. Di dalam kingdom protista ini merupakan organisme yang masuk di dalamnya sesuai dengan ciri dan sifat sifatnya. Kingdom protista merupakan organisme uniseluler, dan eukariotik. Anggota kingdom protista antara lain adalah Alga, Protozoa, Oomycota, dan Myxomycota. Berikut ini adalah penjelasan kingdom protista:
A. ALGA
Alga atau ganggang merupakan organisme yang seperti tumbuhan tingkat rendah dan memiliki klorofil, bersel satu atau juga bersel banyak. Mereka dapat berupa koloni, filamen, atau juga benang.
Berdasarkan pigmentasinya, Alga terbagi menjadi:
a. Chlorophyta (alga hijau): Chlorella, Clamydomonas, Volvox, Hydrodyction, Ulva, dan Spyrogyra.
b. Phaeophyta (alga pirang): Fucus, Sargasum, Turbinaria.
c. Rhodophyta (alga merah): Eucheuma, Gelidium, Gracilaria, Pterocladia.
d. Chrysophyta (alga keemasan): Eucheuma, Gelidium, Gracilaria.
Alga alga yang ada di sekitar kita atau yang ada di bumi ini juga ada yang berguna untuk dijadikan bahan pembuat agar agar, suplemen makanan (seperti chlorella), dan sebagainya. Jadi, alga juga memiliki kegunaan dan manfaat yang baik bagi kehidupan makhluk hidup lainnya terutama untuk manusia.

B. PROTOZOA
Protozoa adalah protista yang mirip dengan hewan, biasanya dikenal dengan hewan bersel satu.
Berdasarkan alat geraknya, Protozoa terbagi menjadi:
a. Rhizopoda atau Sarcodina, alat gerak: kaki semu. Contohnya adalah Amoeba.
b. Flagellata atau Mastigospora, alat gerak: flagel/bulu cambuk/mastig. Contohnya adalah Trypanosoma.
c. Ciliata, alat gerak: bulu getar. Contohnya adalah Paramaecium.
d. Sporozoa, alat gerak: tanpa alat gerak. Contohnya adalah Plasmodium.
Mempelajari kingdom protista tentu perlu dilakukan untuk mengelompokkan organisme organisme yang ada di dalamnya, juga untuk menelusuri lebih lanjut dan lebih dalam tentang organisme organisme tersebut untuk perkembangan dan kemajuan biologi, selain itu juga untuk memberikan manfaat atas apa yang kita pelajari untuk kebaikan di kemudian hari. manfaat yang baik bagi manusia tentu adalah sebuah kebaikan.
Kingdom Protista | Maia Dianti | 5